Menu Sehat Nasi Tim Ayam Jamur

Rabu, 26 April 2017 | Berita
Menu Sehat Nasi Tim Ayam Jamur - Kesehatan menjadi bagian penting untuk kehidupan seseorang, dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, baik di rumah ataupun di luar rumah.Sayangnya untuk mendapatkan makanan sehat dan ramah di kantong ketika sedang beraktivitas di luar cukup sulit.Dengan membawa bekal sendiri dari rumah, seseorang tetap dapat mengkonsumsi makanan sehat dimana pun saja, terlebih lagi kebersihan dan porsi makanan dapat terjaga dan diatur sesuai kebutuhan.

"Kunci untuk memulai konsumsi makanan sehat yang pertama adalah pemahaman tentang kualitas makanan lebih penting dari kuantitas," kata ahli nutrisi Lagizi Indonesia, Jansen Ongko, belum lama ini.
Sebagai inspirasi untuk membuat menu sehat dan mudah di rumah, kalangan ibu rumah tangga dapat menyiapkan makanan seperti Nasi Tim Ayam Jamur dari Jansen Ongko.

Bahan Pembuatan:

3 Cangkir beras

1 Kg Fillet Ayam

4 Buah jamur Hioko, ukuran besar

10 Siung bawang putih, cincang halus

3 Sdm minyak untuk menumis

1 Sdm gula pasir

4 Sdm saus tiram

1 Sdm tepung sagu

Garam, merica, kecap secukupnya

2 Liter air kaldu ayam

Cara Pembuatan:

Bersihkan fillet ayam dengan garam lalu dicuci sebanyak 2 kali. Potong dadu.

Rendam jamur hingga agak lembek dan balurkan dengan garam. Setelah itu bersihkan di bawah air mengalir, potong sesuai selera.

Tumis hingga harum bawang putih dengan minyak, lalu taburkan gula. Tambahkan fillet ayam, jamur, merica, garam, saus tiram, dan kecap manis ke dalam tumisan.

Aduk hingga matang, lalu masukan sedikit tepung sagu yang dicampur air. Angkat dan sisihkan.

Cuci bersih beras. Masukan ke dalam rice cooker Philips bersama tumisan fillet ayam dan jamur.

Tambahkan saus tiram, garam dan merica, serta air kaldu ayam. Tekan tombol cook dan tunggu hingga matang.