Kuasai 5 Dasar Public Speaking yang Baik

Sabtu, 12 Agustus 2017 | Berita
Public Speaking adalah keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh setiap orang.Apapun posisi dan kedudukan Anda dalam sebuah organisasi, Anda perlu menyampaikan ide, gagasan dan pembicaraan di depan umum.Lantas, apakah dasar-dasar public speaking skills yang perlu Anda kuasai ? Berikut adalah video public speaking bahasa inggris Youtube yang menjelaskan dengan sangat baik dasar-dasar public speaking buat Anda dari Toastmasters International.

Toastmasters International adalah sebuah organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 1924. Di seluruh dunia, Toastmasters telah membantu lebih dari 4 juta orang agar mampu berbicara di depan umum (public speaking) dengan penuh percaya diri.Toastmasters di Indonesia mempunyai komunitas di beberapa kota besar seperti Toastmasters Jakarta, Toastmasters UI, Toastmasters Bandung, Toastmasters Surabaya dan Toastmasters Medan.Komunitas Toastmasters Indonesia ini berupa klub atau komunitas mandiri yang berafiliasi ke Toastmasters International. Mereka secara reguler mengadakan pertemuan guna mempelajari dan mempraktekkan keterampilan public speaking.

Silakan Anda saksikan video berdurasi 5 menit dari Toastmasters International di bawah ini terlebih dahulu kemudian simak ulasannya Know your subject and your speechKuasai topik pembicaraan.
Hindari rasa gugup dengan menguasai topik yang akan Anda bicarakan. Oleh karena itu, pelajari dengan baik apa yang akan Anda sampaikan. Tidak ada yang lebih menakutan daripada berbicara tentang sesuatu yang tidak Anda kuasai.Kenali pula urutan dari pesan yang akan Anda sampaikan. Dengan menguasai urutan, Anda terbantu untuk menyampaikan materi secara runtut dan mudah dipahami.
 
2. Know your audience and your spaceKenali siapa saja audiens yang akan menghadiri presentasi atau pidato Anda. Kenali pula tempat dan lokasi di mana Anda menyampaikannya.Jika Anda seorang peneliti menyampaikan presentasi hasil penelitian di depan para profesional di bidang tersebut, maka Anda bisa menggunakan istilah teknis yang rumit.Namun bagaimana jika audiensnya berbeda?
Misal Anda harus menyampaikan topik tersebut di hadapan anak sekolah? Tentu Anda pun harus menggunakan pendekatan yang berbeda.Beda audiens memerlukan pendekatan yang berbeda.
Perhatikan juga lokasi dan tempat di mana Anda akan tampil. Apakah ruangan yang dipakai cukup. Jika Anda akan menampilkan presentasi PowerPoint perhatikan apakah layar proyektor tersedia? Bagaimana dengan sound system? Apakah bekerja dengan sempurna?Semakin matang persiapan Anda, maka semakin mulus jalan Anda menyampaikan public speaking yang memukau.
 
3. Never ApologizeJangan meminta maaf.
Selama sesi public speaking, ada banyak hal yang terlewati oleh audiens Anda.Oleh karena itu, jika Anda melewati beberapa bagian dari pidato Anda atau Anda lupa akan sesuatu, jangan khawatir.Kemungkinan besar audiens tidak menyadarinya. Anda bisa terus melanjutkan bagian berikutnya tanpa harus khawatir berlebihan.Pandu audiens Anda menguasai bagian penting dari presentasi, bukan bagian-bagian yang kecil.Jadi jangan pernah meminta maaf karena Anda lupa atau melewati hal-hal kecil. Mereka tidak menyadarinya. Mereka juga ingin Anda tampil dengan maksimal.Karena itu, selalu berpikiran positif dalam public speaking dan fokus pada hal-hal penting, bukan hal-hal kecil yang sepele.
 
4. Imagine yourself giving a great speechBayangkan diri Anda memberikan pidato yang hebat.Visualisasi adalah salah satu kunci sukses.Bayangkan diri Anda memberikan pidato dan presentasi yang meyakinkan, menyampaikan poin-poin penting dengan gesture dan body language yang meyakinkan.Jangan lupa bayangkan juga audiens Anda akan bertepuk tangan dengan penampilan Anda yang memukau.Visualisasi positif seperti ini akan membuat Anda rileks dan nyaman sehingga akhirnya mampu memberikan pidato dan public speaking yang menarik.
 
5. Focus on your message, not on yourselfFokus pada pesan, bukan diri Anda.
Pembicara pemula seringkali membiarkan rasa gugup menguasai mereka.Ketika sesuatu terjadi, misalnya ada gangguan pada presentasi Anda, atau Anda lupa sesuatu, suara Anda bisa jadi mulaiberubah dan terdengar bergetar tidak meyakinkan karena gugup.Tetap fokus pada hal utama, yakni pesan Anda.Anda memberikan pidato, ceramah, atau presentasi untuk alasan yang penting. Ingat alasan itu dan fokus pada apa yang paling penting yakni pesan Anda.Temukan semangat untuk menghibur, mendidik, memberi inspirasi dan memotivasi audiens. Dengan cara ini Anda akan menemukan tujuan dan maksud mengapa Anda tampil di depan umum.Jangan lupa juga untuk selalu belajar dan melatih keterampilan Anda memberikan presentasi dan public speaking yang memukau.


  • Jurus Jitu Berbicara di Depan Umum

    Belajar public speaking memang sangat menjengkelkan, membuat Anda melompat dari kenyamanan Anda. Akan tetapi, berbicara di depan umum sangat penting bagi Anda jika ingin karir Anda naik, jika Anda ingin…

  • Cara belajar public speaking

    Berbicara mengenai public speaking, penting ga sih setiap manusia untuk belajar public speaking? Penting. Tapi masih sedikit orang yang mau belajar public speaking, karena mereka beranggapan bahwa public speaking itu…

  • 4 Kunci Ilmu Public Speaking

    Penguasaan ilmu public speaking yang baik saat ini telah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena itulah training dan pelatihan public speaking di Indonesia semakin diminati.Training dan pelatihan public speaking skills di…

  • MX King Makin Melesat Asapi Supra GTR 150

    PT Astra Honda Motor (AHM) siap mengelar acara Roadshow Honda Supra GTR 150. Acara ini akan melibatkan seluruh main diler Honda untuk melaksanakan program tersebut di 71 lokasi di Indonesia.

  • Tesla Surpasses BMW To Become The 4th Most Valuable Car Company In The World

    Over the past few months, Tesla’s valuation surged past Ford and GM but following another surge over the past 2 weeks, Tesla’s market capitalization is now worth more than BMW’s.