Jenis Jenis teripang yg ada di indonesia

Rabu, 28 Februari 2018 | Kesehatan
Jenis Jenis teripang yg ada di indonesia - Teripang emas berwarna kuning seperti emas dan ditemukan di area pasir putih terumbu karang.teripang emas juga banyak ditemukan di perairan Indo-Pasifik lainnya.teripang emas sangat kaya akan nutrisi, di antaranya asam amino, omega 3,6, dan 9, DHA, zat antiseptik alami, dan chondroitin. Menariknya, teripang emas merupakan satu-satunya jenis yang punya kandungan gamapeptide, yaitu kandungan aktif yang dapat mengobati luka, mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, dan lainnya. Karena memiliki banyak manfaat, teripang ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat.
 Teripang duri juga di kenal dengan nama gama,teripang  jenis ini berwarna cokelat tua dan akan menjadi kehitaman setelah di keringkan.teripang jenis ini mudah di temukan dalam perairan yg dangkal,tetapi tripang yg sudah tua biasanya menempati di perairan dalam.kandungan protein teripang ini bisa mencapai 83 persen dan menjadikan hewan laut ini sebagai sumber protein.
 Teripang kapuk menjadi salah satu favorit para koki karena rasanya yang memang enak. Bahan makanan ini sering dijumpai dalam menu masakan Tiongkok. Berukuran lebih pendek daripada jenis lain, teripang kapuk kalau dikeringkan tampak lonjong atau bulat seperti batu.
 Teripang bintik memiliki penampakan luar yang berbintik-bintik. Teripang ini juga dikenal dengan nama tigerfish sea cucumber di luar negeri karena bintik-bintik kulitnya yang menyerupai harimau. Nama lain timun laut ini adalah teripang patola di Manado dan teripang ular mata di Maluku.
Teripang bintik yang ditemukan di Indonesia biasanya memiliki kulit luar berwarna kecokelatan dengan bintik berwarna keputihan atau kuning dengan titik cokelat di tengahnya. Ketika masih hidup, ukuran rata-ratanya adalah 30 cm. Saat diperjualbelikan, teripang bintik biasanya telah dikeringkan sehingga warnanya kusam.