6 Kelebihan Tentang Teripang Gamat Dengan Berjuta Juta Manfaat

Rabu, 28 Februari 2018 | Herbal
6 Kelebihan Tentang Teripang Gamat Dengan Berjuta Juta Manfaat - Teripang gamat atau timun laut merupakan makhluk laut yang dikenal memiliki berbagai manfaat. Mulai dari manfaat untuk kesehatan, hingga kecantikan. Kebiasaan mengonsumsi teripang pun dilakukan di berbagai negara. Termasuk di antaranya Indonesia yang memang dikenal memiliki kekayaan laut luar biasa.
Selain memiliki beragam kegunaan, teripang juga punya berbagai fakta yang unik dan sangat menarik. Penasaran dengan fakta-fakta tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Teripang gamat tidak memiliki otak
teripang emas gamat
Hal menarik lain yang bisa diulik dari keberadaan teripang adalah, hewan ini ternyata tidak memiliki otak. Sebagai gantinya, mereka memiliki sistem syaraf yang sangat sederhana. Terdiri dari sebuah cincin beserta beberapa sel syaraf. Tidak heran kalau hewan ini memiliki sistem sensor yang lemah.

Teripang gamat bukan jenis tumbuhan, melainkan hewanmanfaat teripang

2..Teripang memiliki bentuk yang unik dengan beragam warnateripang / haisom sebagai obat pasca melahirkanTeripang juga memiliki bentuk struktur tubuh yang unik. Mereka memiliki bagian tubuh yang berstruktur lembut. Hal ini memberi kemudahan untuk bergerak melewati celah yang sempit.
Menariknya, mereka juga memiliki semacam tengkorak di bawah permukaan tubuhnya. Meski begitu, keberadaan tengkorak tersebut tidak membatasi gerakan teripang. Bahkan, tengkorak tersebut kerap dipakai oleh teripang sebagai senjata untuk melawan predator. 

3. Beragam menu dibuat dengan bahan utama teripang
Tingginya konsumsi teripang juga bisa dilihat dari beragam menu masakan yang menggunakan bahan utama teripang. Kebanyakan, makanan-makanan tersebut memang berasal dari Tiongkok. Dalam penyajiannya, teripang bisa diproses dengan berbagai macam cara. Mulai dari dikeringkan, dimasak, diproses menjadi dimsum, dan lain-lain.
Mitoha Golden Gamat bukan QnC Jelly Gamat

4. Teripang gamat memiliki habitat yang luasTeripang gamat juga dikenal sebagai binatang yang memiliki habitat sangat luas. Hewan ini bisa tinggal di laut dangkal ataupun laut dalam. Selain itu, mereka juga kerap tinggal secara berkelompok, membentuk sebuah koloni.Sebuah penemuan di perairan Selandia Baru mengungkapkan koloni teripang gamat dengan densitas mencapai 1.000 ekor per meter persegi. Dengan hidup secara berkelompok, hal ini juga memberi kemudahan terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Hal ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan budidaya teripang. Dengan cara pengembang biakan yang tidak terlalu sulit, nelayan pun bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi dari hasil teripang. Apalagi, nilai jual teripang juga tinggi.

5. Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil teripang  terbesar duniaDalam sebuah laporan yang tercantum di situs resmi National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika Serikat, Indonesia menjadi salah satu negara terbesar penghasil teripang, diikuti Filipina. Pada rentang antara tahun 2000 hingga 2005, kedua negara ini memanen rata-rata 2.672 ton basah teripang per tahun.
Hanya saja, tidak ada catatan secara mendetail mengenai informasi panen teripang di Indonesia dan Filipina. Dalam data FAO, disebutkan kalau Indonesia merupakan negara pengekspor teripang terbesar dunia. Sekitar 40-80% teripang gamat dari Indonesia mendarat ke Tiongkok, Hongkong, dan sebagian kecil ke negara lain seperti Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Singapura, dan Australia.
6.Fakta menarik pertama yang perlu diketahui dari teripang adalah, makhluk ini termasuk dalam jenis hewan. Anda mungkin menganggapnya sebagai tumbuhan, mengingat teripang juga disebut dengan nama mentimun laut.

Nama mentimun laut digunakan karena secara fisik, bentuk teripang memiliki kemiripan dengan mentimun. Hewan laut yang satu ini punya bentuk tubuh silinder. Saat ini, terdapat sekitar 1.717 spesies teripang yang telah diketahui. Anda mungkin menganggapnya sebagai tumbuhan, mengingat teripang juga disebut dengan nama mentimun laut..