Apa yang dimaksud dengan amnesia ?

Rabu, 09 Mei 2018 | Kesehatan
Amnesia atau hilang ingatan adalah gangguan yang seseorang tidak dapat mengingat informasi, pengalaman, atau peristiwa yang pernah mereka alami. Selain itu, pasien dengan amnesia juga akan kesulitan untuk menciptakan ingatan baru. obat amnesia

Amenosis dapat terjadi tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. Kondisi ini bisa menjadi gejala masalah kesehatan yang serius. Amnesia sering dikaitkan dengan demensia, dan kondisi ini juga mengganggu ingatan. Tetapi mereka sebenarnya berbeda. Demensia menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan tidak ada amnesia.

Diagnosis Amnesia

Diagnosis amnesia dimulai dengan pemeriksaan fisik dan riwayat pasien yang dapat diperoleh dari keluarga atau kerabat dekat. Untuk menentukan amnesia pasien, pemeriksaan fisik harus dikombinasikan dengan tes pemeliharaan. Beberapa di antaranya termasuk tes darah, MRI, CT atau EEG (Electroencephalogram).

Tes ini dirancang untuk mendeteksi kerusakan atau kondisi otak yang tidak normal. Dokter juga dapat mengevaluasi tes kognitif memori pasien untuk mengingat jumlah memori yang hilang. Hasil tes ini akan menentukan manajemen tindakan yang akan diambil.
Manajemen Amnesia

Perawatan utama pengobatan amnesia. Beberapa contoh adalah terapi profesional dan terapi kognitif.

Melalui terapi profesional, terapis akan mengajarkan pasien bagaimana mengenali informasi baru dan menggunakan sisa ingatan untuk menerima informasi baru. Dalam terapi kognitif, latihan dimaksudkan untuk meningkatkan memori. Dorongan memori juga dapat didukung menggunakan teknologi seperti telepon, tablet atau e-diary.

Tanpa perawatan, vitamin dan suplemen juga dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada amnesia. Suplai vitamin atau suplemen ini harus didukung oleh perubahan gaya hidup, salah satunya adalah menghindari minuman beralkohol. 
Mitoha Golden Gamat bukan QnC Jelly Gamat

Sumber : https://www.nutrinext.co.id/