Apple Ketahuan Bersekongkol Atur Tarif Jual IPhone

Rabu, 15 Maret 2017 | smartphone
Apple Ketahuan Bersekongkol Atur Tarif Jual IPhone - Otoritas Rusia mencurigai Apple laksanakan praktik penataan bayaran (price fixing) bersama bersekongkol dgn semua retailer agar mematok biaya iPhone di angka tertentu.

Setelah melaksanakan pelacakan tatkala tujuh bln sejak Agustus 2016, Badan Anti-monopoli Rusia (FAS) mengikatkan bahwa Apple benar-benar berparak jalankan praktik price fixing dengan cara tidak legal untuk 16 retailer iPhone di negeri tersebut.

FAS mengatakan Apple memantau tarif menjual iPhone yang diecer oleh segenap retailer dimaksud. jika ditemukan ada retailer yg jual di lembah harga yang ditetapkan, Apple bakal mempersiapkan pukulan dengan disertai ultimatum pemutusan syarat penjualan.

Price Fixing yg termasuk juga kriminal kerah putih ini telah dilakukan sejak siklus iPhone 5S di Rusia kepada 2013, dulu berlanjut hingga iPhone 6S terhadap 2016.

Baca semula : Daftar tarif Apple Iphone Lengkap
                  Daftar tarif ipad murah
Informasi yg dirangkum KompasTekno dari Financial Times menyatakan bahwa Apple dikasih ketika tiga bln buat mengajukan banding atas keputusan tertulis di pengadilan.

Apabila sudah ajukan banding dan tetap kalah Apple terancam harus membayar denda se besar 15 % bermula keseluruhan moral penjualannya di Rusia.

Ini enggak kali perdana Apple terlibat gerakan price fixing. untuk Juni 2015, misalnya pengadilan banding di New York, Amerika Serikat, menentukan bahwa Apple berparak melakukan konspirasi bersama lima penerbit bagi mengabsahkan bayaran e-book. disaat itu Apple setuju membayar denda sebesar 430 juta dolar AS.

Kasus serupa juga berlangsung pada Google. Badan anti-monopili Rusia pernah menyebut Google berbeda memburu-buru setengah pabrikan handphone pintar supaya menumpahkan layanan-layanannya di bikinan smartphone masing-masing. Google dikenai denda senilai 7,4 juta dolar AS.

Apple solo diketahui menerapkan kontrol ketat atas harga produk-produknya di bermacam negeri pasar. aspek ini dilakukan untuk melindungi makna keuntungan biar tetap tinggi.